Selasa, 28 Mei 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SD  Feraga I
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : 3/I
Waktu                         : 2x35 menit

A.    Standar Kompetensi:
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.
B.     Kompetensi Dasar:
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
C.    Indikator:
Kognitif
1.      Menganalis operasi perkalian yang hasilnya tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
2.      Memahami operasi perkalian yang hasilnya tiga angka dan pembagian tiga angka.
            Afektif
1.      Mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dengan antusias dan semangat.
2.      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung perkalian dan pembagian dengan antusias dan semangat. 
Psikomotor
1.      Mengerjakan soal tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka”.
2.      Mencari solusi lain untuk memecahkan soal tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa.
D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1.      Melalui penjelasan materi tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka siswa dapat menerapkan manfaatnya pada kehidupan sehari-hari.
2.      Melalui diskusi kelompok siswa dapat memecahkan suatu soal yang dianggap sulit baginya.
3.      Dengan kegiatan tanya jawab para siswa mampu menambah pengetahuannya dan memperbaiki kesalahannya.
Afektif
1.      Dengan memperhatikan penjelasan tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka  siswa  melakukan kegiatan belajar mengajar dengan semangat.
2.      Dengan pemberian contoh dan penjelasan dari guru maka siswa dapat melaporkan hasil latihan soal dengan santun.
Psikomotor
Melalui latihan soal, pekerjaan rumah (PR), ataupun soal postest siswa mampu menguasi materi tersebut dengan tepat dan mampu menggunakannya dalam kehidupannya sehari-hari.
E.     Proses Pembelajaran
                               I.            Kegiatan Awal
1.      Guru menyiapkan buku dan media pembelajaran.
2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.
3.      Guru apersepsi dengan bertanya jawab dengan kegiatan siswa yang dilakukan sehari-hari.
                            II.            Kegiatan Inti
Pertemuan
1.      Guru membagi muridnya kedalam kelompok yang beranggotakan 5 siswa.
2.      Guru memberi pengantar materi perkalian dengan media uang, tutup botol, dan kacang tanah.
3.      Siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru tentang perkalian yang hasilnya tiga angka.
4.      Guru memberi pengantar materi pembagian dengan media uang, tutup botol, dan kacang tanah.
5.      Siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru tentang pembagian bilangan tiga angka.
6.      Guru memberikan latihan soal.
7.      Siswa mengerjakan soal tersebut secara individu.
8.      Guru memperhatikan bagaimana siswa bekerja dan membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal.
9.      Siswa maju ke depan kelas dan menuliskan hasil kerjanya dalam papan tulis.
            III.       Kegiatan Akhir
       Siswa pada akhirnya memahami tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka dengan membuat sebuah ekspresi wajah dan menampilkan di depan kelas.
F.     Materi Pembelajaran
            Perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
G.    Nilai Pendidikan Karakter
1.      Rasa ingin tahu
2.      Semangat dalam belajar


H.    Metode Pembelajaran
1.      Demonstrasi
2.      Tanya Jawab
I.       Media/Alat Peraga
1.  Tutup Botol
2.  Kacang Tanah
3. Uang Logam
       J.  Penilaian
1.      Bentuk tes             : Tes
2.      Jenis tes                 : Tes Tertulis ( Tes Objektif )
K. Sumber Belajar
1. Buku Sekolah Elektronik untuk SD/MI kelas 3 “Cerdas Berhitung Matematika” karangan Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati tahun 2008
2.  Buku Paket Matematika “Terampil Matematika 3” karangan Tri Handoko tahun 2006, penerbit yudistira





                                                                                                Sleman, 30 Maret 2012
           
                        MENGETAHUI
            Kepala SD Feraga I                                                    Guru Kelas



                        SUNARNO   S.Sos                            FELIX PRASTIYAN BUDI SUNARNO S.Pd
                        NIP 196202251983031001                                        NIP 085786584069

Tidak ada komentar:

Posting Komentar