RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Feraga I
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 3/I
Waktu : 2x35 menit
A.
Standar
Kompetensi:
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka.
B.
Kompetensi
Dasar:
1.3 Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
C.
Indikator:
Kognitif
1.
Menganalis operasi perkalian yang hasilnya tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka.
2.
Memahami operasi
perkalian yang hasilnya tiga angka dan pembagian tiga angka.
Afektif
1.
Mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dengan
antusias dan semangat.
2.
Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan operasi hitung perkalian dan pembagian dengan
antusias dan semangat.
Psikomotor
1.
Mengerjakan soal tentang “perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka”.
2.
Mencari solusi lain untuk memecahkan soal tentang “perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka” sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
1.
Melalui penjelasan
materi tentang perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka siswa dapat menerapkan
manfaatnya pada kehidupan sehari-hari.
2.
Melalui diskusi
kelompok siswa dapat memecahkan suatu
soal yang dianggap sulit baginya.
3.
Dengan kegiatan tanya jawab para siswa mampu menambah pengetahuannya dan memperbaiki
kesalahannya.
Afektif
1.
Dengan memperhatikan penjelasan tentang perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka siswa
melakukan kegiatan belajar
mengajar dengan semangat.
2.
Dengan pemberian contoh
dan penjelasan dari
guru maka siswa dapat melaporkan
hasil latihan soal dengan santun.
Psikomotor
Melalui latihan soal, pekerjaan rumah (PR), ataupun soal postest siswa mampu
menguasi materi tersebut dengan tepat dan mampu menggunakannya dalam
kehidupannya sehari-hari.
E.
Proses
Pembelajaran
I.
Kegiatan
Awal
1.
Guru menyiapkan
buku dan media pembelajaran.
2.
Guru menyampaikan
materi dan tujuan pembelajaran.
3.
Guru apersepsi
dengan bertanya jawab dengan kegiatan siswa yang
dilakukan sehari-hari.
II.
Kegiatan
Inti
Pertemuan
1.
Guru membagi
muridnya kedalam kelompok yang beranggotakan 5 siswa.
2.
Guru memberi
pengantar materi perkalian dengan media uang, tutup botol, dan kacang tanah.
3.
Siswa memperhatikan
materi yang disampaikan oleh
guru tentang perkalian yang hasilnya tiga angka.
4.
Guru memberi
pengantar materi pembagian dengan media uang, tutup botol, dan kacang tanah.
5.
Siswa memperhatikan
materi yang disampaikan oleh guru tentang pembagian bilangan tiga angka.
6.
Guru memberikan
latihan soal.
7.
Siswa mengerjakan soal tersebut secara individu.
8.
Guru memperhatikan
bagaimana siswa bekerja dan membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan
soal.
9.
Siswa maju ke depan kelas dan menuliskan hasil kerjanya dalam
papan tulis.
III. Kegiatan Akhir
Siswa
pada akhirnya memahami tentang
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
dengan membuat sebuah ekspresi wajah dan menampilkan di depan kelas.
F.
Materi
Pembelajaran
Perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka.
G.
Nilai
Pendidikan Karakter
1.
Rasa ingin tahu
2.
Semangat dalam belajar
H.
Metode
Pembelajaran
1.
Demonstrasi
2.
Tanya Jawab
I.
Media/Alat
Peraga
1. Tutup Botol
2. Kacang Tanah
3. Uang Logam
J. Penilaian
1.
Bentuk tes : Tes
2.
Jenis tes : Tes Tertulis ( Tes Objektif )
K. Sumber Belajar
1. Buku
Sekolah Elektronik untuk SD/MI kelas 3 “Cerdas Berhitung Matematika” karangan
Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati tahun 2008
2. Buku Paket Matematika “Terampil Matematika 3”
karangan Tri Handoko tahun 2006, penerbit yudistira
Sleman, 30 Maret 2012
MENGETAHUI
Kepala
SD Feraga I Guru
Kelas
SUNARNO S.Sos FELIX PRASTIYAN BUDI SUNARNO
S.Pd
NIP
196202251983031001 NIP 085786584069
Tidak ada komentar:
Posting Komentar